Jumat, 01 Februari 2008

Desain Kurikulum

Desain kurikulum integrasi ini menjadi satu area (tematik) yang tidak terpisah. Berikut materi yang diintegrasikan yang diberikan kepada siswa berdasarkan area kurikulum :

1. Pendidikan Agama Islam (Al Islam)/ISMUBA
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlaq mulia dalam megamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al Quran dan Al Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama dalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.
Mata pelajaran Al Islam keseluruhannya terliput dalam lingkup: Al Quran dan Al hadits, Keimanan, Fiqh/Ibadah, dan Sejarah Kebudayaan Islam/Tarekh. Sekaligus menggambarkan bahwa ruang lingkup Al Islam mencakup perwujudan keserasian, keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun lingkungannya (hablun minallah wa hablun minannas).

2. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam (Al Islam)/ISMUBA

2.1. Fungsi
Al Islam di SD Muhammadiyah 1 berfungsi untuk :
Penanaman, yaitu menanamkan nilai ajaran Islam kepada peserta didik sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT. Serta akhlaq mulia seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga.
Penyesuaian mental, yaitu memberi bekal peserta didik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan sosial sesuai dengan ajaran Islam (melalui pendidikan agama Islam).
Pencegahan, yaitu mencegah dan menangkal untuk peserta didik dari hal-hal negatif dari kepercayaan atau paham dan budaya asing yang dapat
membahayakan dan menghambat perkembangan.
Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dan kelemahan-
kelemahan peserta didik dalam memahami, menghayati dan meyakini, serta
mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Perbaikan ini menjadi sangat penting dan harus dianalisa secara sungguh-sungguh basis pengetahuan peserta didik khususnya latar belakang keluarganya.
Pengajaran, yaitu memberikan ilmu pengetahuan keagamaan secara umum, sistim dan fungsinya.
7. Penyaluran, yaitu menyalurkan peserta didik yang memiliki bakat khusus
dibidang agama Islam agar dapat berkembang dan bermanfaat secara optimal, serta untuk mendalami pendidikan agama ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi.

3. Tujuan
Al Islam di SD Muhammadiyah 1 bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaaannya kepada Allah SWT. Serta berakhlaq mulia yang dibuktikan dengan gemar membaca al qurqn, berbudi pekerti luhur terhadap diri sendiri, kedua orang tua, guru, sesama manusia dan makhluk lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, rajin beribadah, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

4. Ruang Lingkup dan Unsur pokok Al Islam
4.1. Ruang Lingkup
Ruang lingkup al Islam meliputi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara - Hubungan manusia dengan Allah SWT.
- Hubungan manusia dengan diri sendiri
- Hubungan manusia dengan sesama manusia, dan
- Hubungan manusia dengan alam (makhluk selain manusia dan lingkungan.

4.2. Unsur Pokok
Mata pelajaran al Islam di SD Muhammadiyah 1 terfokus pada aspek :
- Al Quran dan Al hadits sebagai induk dan sumber ajaran Islam.
- Keimanan, merupakan aspek pembentukan aqidah yang kokoh dan benar.
- Ibadah, baik syariah maupun muammalah
- Akhlaq, hal-hal yang berkaitan dengan perilaku terpuji atau tercela.
- Sejarah Kebudayaan Islam/Tarikh, memberi bekal semangat juang dalam
mengembangkan dan menegakkan agama Islam dengan contoh Rasulullah SWT.


5. Standar Kompetensi Lintas Kurikulum
Kompetensi Lintas Kurikulum merupakan kecakapan untuk belajar sepanjang hayat sebagai akumulasi kemampuan setelah peserta didik mempelajari berbagai kompetensi dasar yang dirumuskan setiap mata pelajaran.
Kompetensi Lintas Kurikulum tersebut dirumuskan menjadi sembilan kompetensi sehingga peserta didik mampu :
Memiliki keyakinan, mempunyai hak, menjalankan kewajiban dan berperilaku sesuai dengan ajaran Islam, serta menyadari bahwa setiap orang perlu saling menghargai dan merasa aman.
Menggunakan bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris) untuk memahami, mengembangkan, dan mengkomunikasikan gagasan dan informasi, serta berinteraksi dengan orang lain.
Memilih, memadukan, dan menerapkan konsep-konsep dan teknik-teknik numeric dan spasial, serta mampu mencari dan menyusun pola, struktur, dan hubungan.
memilih, mencari, dan menerapkan teknologi dan informasi yang diperlukan dari berbagai sumber serta menilai kebermanfaaatannya.
Memahami dan menghargai dunia fisik, makhluk hidup, dan teknologi, dan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan nialai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat. memahami konteks budaya, geografi, dan sejarah, serta memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nialai-nilai untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan, serta berinteraksi dan berkontribusi dalam masyarakat dan budaya global. berpartisipasi dalam kegiatan kreatif di lingkungan untuk saling menghargai karya artisitik, budaya, dan intelektual serta menerapkan nialai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju masyarakat beradab.
Menunjukkan kemampuan berpikir konsekuen, berpikir lateral, berpikir kritis, memperhitungkan peluang dan potensi, serta siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Menunjukkan motivasi dan percaya diri dalam belajar, mampu bekerja mandiri, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

6. Standar kompetensi Rumpun Pelajaran
Standar Kompetensi Bahan kajian Pendidikan Agama:
Siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia (berbudi pekerti luhur) yang tercermin dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agamanya, serta mampu menghormati agama lain dalam kerangka kerukunan antar umat beragama.

7. Standar Kompetensi Bahan Kajian Al Islam
Dengan landasan al Quran dan al Sunnah nabi Muhammad Saw; siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT; berakhlak mulia (berbudi pekerti luhur) yang tercermin dalam perilaku sehari-hari dalam hubungannya dengan Allah, diri sendiri, sesame manusia, dan alam sekitar; mampu membaca dan memahami al Quran; mampu beribadah dan bermuammalah dengan baik dan benar; serta mampu menjaga kerukunan intern sekolah, intern sekolah dan antar umat beragama.

8. Standar kompetensi mata Pelajaran
Kompetensi dasar mata pelajaran berisi sekumpulan kemampuan minimal yang harus dikuasai siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Kemampuan ini berorientasi pada perilaku afektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuan kognitif dalam rangka memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kemampuan-kemampuan yang tercantum dalam komponen kemampuan Dasar ini merupakan penjabaran dan kemampuan dasar umum yang harus dicapai di sekolah Dasar Muhammadiyah 1 yaitu :
8.1. Al Islam
Beriman kepada Allah SWT dan lima rukun iman yang lain dengan mengetahui fungsi serta refleksi dalam sikap, perilaku, dan akhlak peserta didik dalam dimensi vertical maupun horizontal.
Dapat membaca al Quran minimal surat-surat dalam juz Amma dengan benar, menyalin, mengartikan dan menghafalnya.
Mampu beribadah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syariat Islam terutama ibadah mahdhoh, minimal rajin shalat lima waktu dan puasa ramadhan.
Dapat meneladani sifat, sikap, dan kepribadian Rasulullah SAW serta khulafa al rasyidin.
Seperti tergambar dalam kompetensi dasar umum, kompetensi dasar tersebut kemudian dirinci menjadi kompetensi kelas dan dikelompokkan berdasarkan aspek; al Quran, keimanan; Akhlak; Fiqih/Ibadah dan Sejarah Budaya Islam/Tarikh.

8.2. Pendidikan Kewarganegaraan, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
8.2.1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu
kewarganegaraan.
8.2.2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi.
8.2.3. Berkembang secara positif dan demokratis.
8.2.4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung.

8.3. Bahasa Indonesia, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut
8.3.1.Berkomunikasi secara efektif sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
8.3.2.Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
8.3.3.Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif.
8.3.4.Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual.
8.3.5.Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti.
8.3.6.Menghargai dan membagakan sastra Indonesia.

8.4.Bahasa Inggris, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan:
8.4.1.Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk language accompanying action dalam konteks sekolah.
8.4.2.Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa inggris untuk
meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.

8.5.Matematika, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :
8.5.1.Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau alogaritma.
8.5.2.Menggunakan penalaran pada pola dan sifat.
8.5.3.Memecahkan masalah.
8.5.4.Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram atau media lain.
8.5.5.Memiliki sifat menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.

8.6.Ilmu Pengetahuan Alam, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :
8.6.1.Memperoleh keyakinan terhadap Kebesaran Tuhan YME.
8.6.2.Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA .
8.6.3.Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi.
8.6.4.Mengembangkan keterampilan proses.
8.6.5.Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
8.6.6.Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam.
8.6.7.Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA.

8.7.Ilmu Pengetahuan Sosial, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :
8.7.1.Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
8.7.2.Untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan.
8.7.3.Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social.
8.7.4.Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk.

8.8.Seni Budaya dan Keterampilan, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan.

Pendidikan jasmani, Olah Raga dan kesehatan, bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan kebugaran jasmani.
Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis.
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, demokratis.
Memahami konsep aktifitas dan olah raga.
Mengembangkan keterampilan menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.


Muatan Lokal
Bahasa Jawa
Pendidikan Lingkungan hidup
Pelaksanaan Pembelajaran Mulok dan pengembangan kurikulum bahasa Inggris untuk mata pelajaran matematika dan sains (Mathematic and Sains in English) kelas III dan kelas IV.

Pengembangan Diri, meliputi:Taman Pendidikan Al quran,Hizbul Wathon (Kepanduan)
Tapak Suci,Musik,Teknologi Robot,Computer,Nasyid/Menyanyi,Renang,,Art, dan
Drum Band

Ekstakurikuler

SD Muhammadiyah 1 menyediakan banyak pilihan untuk kegiatan eks kul/ekstrakurikuler berpotensi untuk mengembangkan dan mendorong minat dan prestasi siswa dalam berbagai bidang.
Beberapa kegiatan ekskul/ekstrakurikuler yang menjadi pilihan anak-anak di sekolah :
Olah raga Renang,Musik/Band Cilik,Art,Drum Band,Tapak Suci/Bela diri, Tehnologi(Robotika),Hizbul Wathon (Kepanduan),Outbond/Kegiatan Alam

Laboratorium Bahasa
Laboratorium Bahasa yang dimiliki SD Muhammadiyah 1 yaitu:
Laboratorium Bahasa Arab, dan Laboratorium Bahasa Inggris
Laboratorium MIPA

Tidak ada komentar: