Jumat, 01 Februari 2008

Hikmah

1. Pesan untuk hari esok

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka……… (QS. An-Nisa’ : 9)

“…Zakaria mendoa kepada Tuhannya seraya berkata, ‘Ya tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik, sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imron:38)

Tidak seorangpun yang tahu, apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sekalipun hanya untuk peristiwa besok pagi. Kita tidak dapat meramalkan dengan benar. Masa depan adalah suatu yang pasti datang. Yang terjadi disana tidak ada yang bersifat kebetulan. Semuanya terjadi dalam mata rantai dan simpul-simpul sebab akibat yang rumit.

2. Mengapa SD Muhammadiyah 1 ?
Setiap siswa adalah individu yang unik, yang memiliki potensi yang berbeda diantara individu yang lain. SD Muhammadiyah 1 memahami hal itu. Kami membantu mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing individu hingga mencapai taraf optimal dengan cara mengenal sifat, karakter dan potensi setiap siswa.

Karena itu, menjadi kewajiban bagi SD Muhammadiyah 1 untuk membekali siswa-siswinya dengan berbagai persiapan, yakni suatu yang mesti dikerjakan oleh anak saat ini sebagai persiapan di masa depan. Bekal itu diantaranya berupa kemampuan kita memahami tahap-tahap perkembangan anak dan perhatian terhadap permainan anak, misalnya dengan membiasakan anak ‘bekerja keras’ pada saat bermain, memberi sentuhan tanggungjawab saat bermain, serta perhatian khusus saat anak sedang ‘nakal-nakalnya’ serta memanfaatkan selururh sumber daya di sekitar mereka sebagai sarana belajar sehingga mereka menjadi manusia yang tekun beribadah, istiqomah, aktif,kreatif, dan mandiri.
Apa yang menjadi tujuan pendidikan SD Muhammadiyah 1 untuk membentuk manusia muslim berakhlaq mulia, cakap, percaya kepada diri sendiri dan berguna kepada masyarakat dapat tercapai.

Tidak ada komentar: