Jumat, 01 Februari 2008

Melihat dari Dekat SD Muhammadiyah 1

1. Lingkungan Belajar
Lingkungan belajar di sekolah kami ciptakan dengan kondusif, menarik, nyaman dan santai sehingga siswa berkembang menjadi pelajar sejati, dengan pendekatan Outbond dan Character Building. Belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas, di luar kelas juga menjadikan kenyamanan anak. Anak memiliki karakter yang berbeda. Sifat dasar manusia berbeda-beda, baik tempramen, gaya sikap, maupun emosinya. Masing-masing anak memerlukan karakteristik untuk pengalaman yang berbeda untuk mengembangkan kreatifitasnya.

2. Belajar di Luar Sekolah
Mengasyikkan belajar sambil bermain. Belajar dengan mengenal lingkungan secara langsung ternyata dapat menumbuhkan motivasi belajar tersendiri dan anak-anak lebih dekat lagi mengenal budaya masyarakat setempat. Belajar berjualan di pasar tradisional, ikut bertanam di ladang penduduk pedesaan untuk mampu membaca dan menulis. Membantu anak yatim adalah pengalaman yang berharga untuk menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan.

3. Komunitas Siswa (Student Community)
1. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
Komunitas kegiatan TPQ memberikan rangsangan dan motivasi anak untuk mencintai dan lebih dekat dengan Al-Quranul karim, lewat membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Quran (mendalami makhraj, tajwid dan terjemah). Di sini juga diajarkan mengenai doa-doa yaumiyah.
2. Olimpiade matematika dan Sains
Komunitas olimpiade matematika dan Sains diikuti oleh anak yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba mulai tingkat kabupaten, Propinsi, Nasional, Asean dan Internasional. Dalam menghadapi even lomba olimpiade matematika dan sains sekolah mempersiapkan dengan membuat standar materi bekerjasama dengan KPM (Klinik Pendidikan MIPA) dari Bogor. Materi olimpiade diberikan kepada siswa melalui kegiatan tambahan di sekolah.
3. Student Community in English
Di kelas dikembangkan untuk anak-anak kegiatan untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik, ada dua kegiatan :
Pelajaran Matematikan dan Sains (Mathematic and Sains) berbahasa Inggris untuk pelajaran di kelas. SD Muhammadiyah 1 melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dari Singapore.
Kegiatan kelompok percakapan bahasa Inggris (English Conversation) di sekolah yang diikuti oleh anak-anak yang berminat mengembangkan bahasa Inggrisnya.

4. Tampilan (Performances)
SD Muhammadiyah 1 menyediakan sarana untuk siswa mempertunjukkan ketrampilan yang dipelajari (band, biola, menyanyi tunggal, drum band dll.) secara berkala setiap anak akan menampilkan suatu pertunjukan yang dapat dinikmati sesuai dengan keinginan dan kemampuannya pada acara-acara tertentu. Dengan pengarahan dari guru, kreatifitas siswa akan terlatih dimana mereka harus bekerja dalam team work.

5. Bahasa
Sehari-hari siswa dan juga sebagian guru menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada materi pelajaran tertentu. Mereka akan banyak menggunakan bahasa Inggris dalam pengajaran matematika dan sains yang kurikulumnya diambil dari Federal Marshall Cavendish Education Singapore.

6. Moving Class
SD Muhammadiyah 1 mendesain model pembelajaran dengan sistim Moving Class. Siswa berpindah-pindah kelas sesuai dengan pelajaran yang diikuti. Dengan demikian siswa akan belajar lebih nyaman, mandiri dan bertanggungjawab mengikuti jadwal pelajaran yang telah ditentukan. Setiap bidang studi mempunyai ruangan kelas khusus yang dilengkapi dengan fasilitas belajar baik untuk pembelajaran individual maupun kelompok. Siswa tetap didampingi oleh guru kelas (Wali kelas) Guru kelas bertanggungjawab untuk lebih dekat dan memahami karakter anak secara individu maupun kelompok. Sehingga dapat memantau kemajuan setiap siswa yang juga sebagai jembatan komunikasi dengan orang tua murid.

7. Kurikulum
Kurikulum integrasi(integrated Curiculum)/kurikulum perpaduan, kurikulum Nasional, Kurikulum Al IIslam (ISMUBA) dan Kurikulum yang diperluas.
Tiga komponen kurikulum yang dipadukan untuk menggali siswa dalam setiap kemampuannya.

Metode pengajaran SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo Jawa Timur menggunakan model:
Pembelajaran Siklus (Moving Class)
Pembelajaran Aktif (Active Learning)
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Belajar di Luar Sekolah (Outbound)

Kurikulum yang diperluas SD Muhammadiyah1 dengan menambah jam pelajaran untuk pelajaran Matematika dan Sains (Mathematic and Sains) dari Federal Marshall Cavendish Education Singapore yang bermanfaat untuk pengembangan kurikulum yang berstandar Internasional.
Kurikulum perpaduan dirancang untuk menciptakan keaktifan siswa dalam semua kegiatan dan memberikan keseimbangan terhadap berbagai aspek pelajaran seperti : Al Islam (ISMUBA), dan Teknologi, Bahasa, Matematika,Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial, Seni, Olah raga serta Musik. Menghadapi kemajuan informasi dan teknologi yang sangat deras, SD Muhammadiyah 1 memberikan pelajaran bahasa Inggris mulai kelas 1 dan pelajaran mathematic and Sains in English diberikan di kelas 3 dan 4.
Harapan sekolah setelah anak lulus setidaknya memiliki bekal bahasa dan ketrampilan matematika sebagai dasar berbahasa Inggris.
Dengan memadukan kurikulum ini untuk memperluas wawasan siswa tentang metode active learning (belajar aktif). Dengan metode ini siswa lebih banyak melakukan Reasecht/Penelitian, Observasi, Eksperimen dan Belajar mengambil kesimpulan terhadap apa yang ditemuinya.
Integrasi kurikulum merupakan hal yang sangat penting di sekolah ini karena membuat siswa belajar secara tuntas, ditunjang dengan pemilihan topik-topik pembelajaran yang dapat menggali kemampuan siswa secara optimal.
Berdiskusi, mengemukakan pendapat serta mendengar pendapat orang lain merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain serta lingkungan sekitar dapat ditumbuhkan dengan adanya tugas-tugas yang diberikan guru masing-masing. Ketuntasan Kurikulum di sekolah diadakan pengayaan dan remedial disetiap mata pelajaran. Maka terjadi perubahan terhadap jumlah jam pelajaran setiap minggunya. Dengan adanya penambahan jam belajar siswa, maka jam belajar mereka akan lebih lama dibanding sekolah lain. Waktu belajar disekolah sebagai berikut:
Jam Belajar Efektif Sekolah
Kelas 1 : 07.00-10.15 jam efektif sekolah hari Senin-Kamis
10.30-11.30 jam TPQ
07.00-09.00 hari Jum’at
07.00-08.30 hari Sabtu kegiatan ekskul

Kelas 2 : 07.30-10.00 jam TPQ
10.15-15.00 jam efektif sekolah hari Senin-kamis
07.00-10.40 hari jumat
07.00-08.30 hari Sabtu kegiatan ekskul

Kelas 3-6 : 07.00-15.00 jam efektif sekolah hari Senin-Kamis
07.00-10.40 hari jum’at
07.00-08.30 hari Sabtu

7. Materi Pengajaran
Materi pelajaran di luar negeri lebih difokuskan antara keseimbangan akademik dan sosial emosional anak. Satu hal yang tidak dipertimbangkan dan dapatkan adalah pendidikan agama.
Di SD Muhammadiyah 1 pendidikan Al Islam (ISMUBA)/Pendidikan Agama sangat penting karena menjadikan “Ruh” dari setiap materi yang diberikan kepada siswa, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Yaitu meliputi Pendidikan Al Islam dan Akhlaq/Budi Pekerti, Ilmu Sosial,Ilmu Pengetahuan, Bahasa Indonesia,Matematika,Art,Teknologi,Olah Raga dan Musik.

Tidak ada komentar: